Minggu, 26 Februari 2012

Aku Mengerti

Teruntuk kau yg datang lalu pergi dengan menyimpan beban di kepala dan hati.. Teruntuk kau yg berpikir telah melukai hati maupun yg merasa tersakiti.. Teruntuk kau yg sesungguhnya punya mimpi dan janji sehati..

Salah, kalau kau bilang dan pikir sikap keras dan kasarmu adalah satu2nya cara untuk membuatku paham dan mengerti.. Krn kebaikan hatimu yg membuatku mengerti..

Bahwa aku bodoh dan keras kepala, bukan berarti aku tak mengerti.. Bahwa aku temperamental, juga bukan berarti aku tak mengerti..

Semua butuh proses untuk menampakkan hasil, seperti yg sll kau bilang, pun berlaku untukku.. Bukan pula berarti ada pembenaran untuk kebodohan, kekeraskepalaan, dan temperamentalku..

Suatu saat semoga kau tahu, bahwa kebaikan hatimu saat itulah yg membangunkanku dari mimpi.. Mimpi akan diselamatkan, sekaligus mimpi buruk tak akan pernah terselamatkan.. Krn sejatinya, kesempatan ada.. Ia hanya mensyaratkan keteguhan hati, untuk bangkit dan memperbaiki diri..

Kau bukan terlahir sebagai pahlawan bagiku.. Kau ada sebagai dirimu apa adanya.. Yg kebetulan saja membuat org di sekitarmu bermimpi dan yakin merasa bisa melakukan banyak hal.. Tp kau jg org yg tak akan menoleransi org2 yg tak mandiri..

Bahkan, demi mewujudkan impian kau bisa meninggalkan siapapun yg tak berkemampuan.. Hanya bila semua org bersama2 menjadi dirinya sdr, berjuang sekuat tenaga mjd yg terbaik mewujudkan impiannya, barulah kau akan ada bersama2 mereka..

Aku mengerti semua itu.. Denganmu atau tanpamu, aku akan tetap mengerti.. Dengan atau tanpa kau.. Dan mengertiku adalah langkahku, hari ini dan esok hari.. Janji hati, dari kebaikanmu yg membuatku mengerti..

Mgkn saja kita berjalan bersama-sama, tp tak berarti perjalanan kita sama.. Bukan berarti kita yg sdg berjalan sendiri-sendiri, benar-benar memiliki perjalanan sendiri.. Terikat dalam semesta yg kadang tak bisa seketika dimengerti, setiap kita tercipta beda dan teristimewa, untuk menjaga semesta tetap ada, sebisa kita..

Selamat jalan, kawan.. Lanjutkan saja perjalanan, entah mengubahmu atau membekukan bahkan.. Mantapkan niat, teguhkan hati, langkahkan kaki.. Dalam riang maupun sunyi..

-depok, 20 februari 2012-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar